Kamis, 12 April 2012

BAB I


BAB I
PENDAHULAN

1.1  latar belakang masalah
Banyaknya perusahaan industri ataupun home industri pakaian yang bergerak di bidang konveksi belakangan ini membuat persaingan di antara mereka semakin meningkat.Baik perusahaan ataupun home industri mereka sama-sama ingin memperoleh laba yang maksimal demi kelangsungan hidup perusahaan yang mereka jalani.Untuk memperoleh laba ada tiga faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan, yaitu jumlah barang yang harus di produksi, biaya perunit untuk produksi dan harga jual perunit produk tersebut. .Untuk mencapai laba yang optimal, salah satunya adalah memperhatikan faktor biaya yaitu diantaranya harga pokok produksi diupayakan dapat ditekan seminimal mungkin, namun tidak mengkesampingkan kualitas dari barang tersebut.
Dalam hal ini perusahaan perlu mengkalkulasi biaya produksi sebagai dasar penghitungan harga pokok produksi. Dalam menentukan harga pokok produksi perusahaan dapat menggunakan dua metode yaitu full costing dan variabel costing.Pada metode full costing semua biaya-biaya produksi diperhitungkan baik yang bersifat variabel maupun yang bersifat tetap. Biaya-biaya produksi tersebut yaitu terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik baik yang bersifat variabel maupun tetap sedangkan pada metode variabel costing biaya produksi yang diperhitungkan hanyalah yang bersifat variabel saja.
Dengan menentukan harga pokok produksi pesanan maka perusahaan dapat mengetahui biaya produksi yang akan dikeluarkan.Sehingga perusahaan dalam menentukan harga jual dari suatu pesanan sesuai dengan biaya produksi yang telah dikeluarkan untuk memproduksi pesanan tersebut.
Dalam mendapatkan laba yang diinginkan oleh perusahaan dapat optimal, karena harga jual yang dibebankan kepada pemesan ditentukan oleh besarnya biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi pesanan tersebut. Berdasarkan uraian diatas maka penulis memilih judul “PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN CELANA JEANS UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN BND COLLECTION.

1.2  Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah :
1.      Bagaimana perhitungan harga pokok pesanan produk celana jeans pada Perusahaan BND COLLECTION?.
2.      Perbandingan perhitungan harga pokok pesanan yang diterapkan perusahaan dengan metode full costing dalam penentuan harga jual?.


1.3  Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis membatasi perhitungan harga pokok pesanan untuk celana jeans berdasarkan pesanan pada bulan september 2010. Metode yang dipakai dalam perhitungan harga pokok pesanan adalah yang diterapkan diperusahaan selanjutnya dibandingkan dengan metode full costing.

1.4  Tujuan Penulisan
Berdasarkan uraian diatas, tujuan penulisan ini adalah :
1.      Untuk mengetahui besarnya harga pokok pesanan celana jeans yang diterapkan oleh Perusahaan BND COLLECTION.
2.      Untuk membandingkan perhitungan harga pokok pesanan celana jeans yang diterapkan oleh Perusahaan BND COLLECTION dengan metode full costing dalam penentuan harga jual pesanan.
1.5  Metode Penelitian
Dalam penelitian ilimiah ini data dikumpulkan dengan metode sebagai berikut:
1.      Penelitian Kepustakaan ( Library research ).
Pada metode ini data dikumpulkan dengan cara membaca dan mempelajari bahan kepustakaan yang ada, berupa buku-buku ilmiah, buku-buku wajib atau berbagai sumber bacaan yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas oleh penulis.
2.      Penelitian Lapangan ( Field research ), dengan cara :
·      Observasi : dilakukan dengan mengadakan tinjauan langsung ke         perusahaan.
·      Wawancara : dilakukan dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak perusahaan.

1.6  Sistematika Penulisan
Untuk lebih memudahkan penjelasan penulisan ilmiah maka penulis membagi menjadi 5 (lima) bab, yaitu :

BAB I             PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis membahas latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II            LANDASAN TEORI

Pada bab ini penulis memberikan pengertian biaya, biaya produksi, metode pengumpulan harga pokok produk, metode penentuan harga pokok produksi dan laporan laba atau rugi perusahaan.

BAB III          GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada bab ini penulis membahas mengenai sejarah singkat perusahaan, kegiatan perusahaan dan struktur organisasi perusahaan dan proses produksi.

BAB IV          PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menguraikan data-data biaya produksi yang diperlukan dalam perhitungan harga pokok pesanan dan penentuan harga jual.

BAB V            KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis memberikan kesimpulan berdasarkan pembahasan dan saran yang diharapkan  dapat membantu perusahaan untuk dapat memajukan usahanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar