Kamis, 12 April 2012

BAB I



BAB  I

P E N D A H U L U A N

1.1       Latar Belakang Masalah
Dalam pengertian umum laporan keuangan adalah setiap perusahaan dalam menjalankan dunia usahanya membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, baik dilihat dari segi keuangan usahanya maupun berbagai macam sarana pendukung lainnya agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan hasil pencatatan transaksi secara ringkas mengenai keadaan keuangan perusahaan dimana neraca mencerminkan aktiva, utang dan modal sendiri pada saat tertentu yang dituangkan pada laporan rugi laba yang biasanya terjadi dalam satu tahun.
Kondisi keuangan inilah yang diperlukan atau ingin diketahui oleh mereka yang berkepentingan terhadap perkembangan perusahaan. Maka untuk memperoleh gambaran tentang posisi keuangan tersebut adalah dengan mengadakan analisa terhadap laporan rugi laba dapat memberikan gambaran tentang hasil atau perkembangan perusahaan yang bersangkutan, dalam hal ini analisa laporan keuangan adalah suatu rasio yang mampu menggambarkan keadaan dan perkembangan perusahaan.
Jadi dengan mengadakan analisa yang telah disebut diatas maka akan dapat dinilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban – kewajiban jangka pendek, struktur permodalan, penggunaan aktivanya, hasil usaha yang telah dicapai, beban – beban tetap yang harus dibayar, informasi laporan ini sangat berguna bukan saja untuk pihak – pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan tetapi juga sangat penting bagi perusahaan dalam khususnya pimpinan perusahaan dalam penyusunan rencana dan kebijaksanaan lainnya diwaktu yang akan datang.
Sehubungan hal-hal di atas, maka penulis bermaksud memberikan gambaran serta analisis laporan keuangan yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan serta dalam pemilihan berbagai alternatif dalam perumusan kebijaksanaan, dimana akan penulis tuangkan dalam bentuk penulisan ilmiah dengan judul ”ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk”.

1.2       Rumusan Masalah
Bagaimana kondisi keuangan perusahaan dilihat dari analisis rasio likuiditas dan solvabilitas ?

1.3       Batasan Masalah
Penulis hanya membahas tentang rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas dari laporan keuangan PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk pada tahun 2007-2009.

1.4       Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tinggi rendahnya rasio likuiditas dan solvabilitas pada PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk.

1.5       Metodologi Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini penulis melakukan penelitian dengan cara sebagai berikut :

1.     Penelitian Perpustakaan (Library Research)
Dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan teori-teori dasar tentang likuiditas dan solvabilitas. Teori-teori tersebut penulis memperoleh dengan cara membaca buku-buku, diktat-diktat, catatan perkuliahan yang berhubungan langsung maupun tidak langsung.

2.     Penelitian Lapangan (Field Research)
Yang dimaksud dengan penelitian lapangan ini, yaitu penulis langsung wawancara atau mengkonfirmasi dengan para staf dan karyawan perusahaan yang dalam hal ini adalah karyawan PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk,

1.6       Sistematika Penulisan
Dalam penyajian penulisan ilmiah ini agar diperoleh suatu gambaran mengenai isinya, maka penulis membagi dalam 5 (lima) bab dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I    PENDAHULUAN
Berisikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metodologi penelitian, sistematika penulisan.

BAB II   LANDASAN TEORI
Berisi teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Antara lain mengenai laporan keuangan, analisis rasio likuiditas dan solvabilitas.

BAB III  GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Berisi sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, dan bidang usaha yang dilakukan.

BAB IV PEMBAHASAN
Berisi penyajian data dan analisa data yang disajikan.

BAB V   PENUTUP
Berisi kesimpulan dari hasil analisa data dan saran yang diperlukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar